Selasa, 18 September 2012

Musik Organum

Organum, jamak Organa, awalnya, setiap Alat musik (kemudian dalam suatu organ tertentu), istilah mencapai pengertian yang langgeng, bagaimanapun, selama Abad Pertengahan dalam kaitannya dengan suatu polifonik (banyak bersuara) pengaturan, dalam gaya spesifik tertentu, dari Gregorian bini .

Musik Organum

Di awal bentuk tertulis, ditemukan dalam risalah Musica enchiriadis (c. 900, "Handbook Musical"), Organum terdiri dari dua garis melodi bergerak bersamaan perhatikan terhadap catatan. Kadang-kadang suara, kedua, atau dua kali lipat organal nyanyian, atau suara utama, keempat atau kelima di bawah (sebagai G atau F di bawah c, dll). Dalam kasus lain, dua suara dimulai secara serentak, kemudian pindah ke interval yang lebih luas. Kedua melodi mungkin pada gilirannya akan dua kali lipat pada oktaf. Organum awal semacam ini (9-11 abad) itu, tampaknya, spontan diproduksi oleh penyanyi yang terlatih khusus sebelum berkomitmen untuk naskah.

Dalam bentuk yang lebih rumit Organum, melodi bebas terdiri dinyanyikan catatan terhadap catatan di atas plainchant tersebut. Akhirnya, di biara dari Santiago de Compostela , Spanyol (c. 1137), dan Saint-Martial Limoges, Fr. (C. 1150), sebuah prinsip baru yang penting muncul-yang penyusunan yang sangat kemerahan melodi (duplum) atas plainchant "tenor."

Ini baru "melismatic" Organum (memiliki lapangan beberapa suku kata) mencapai kematangan dalam komposisi yang berhubungan dengan Notre-Dame sekolah di Paris dan dikumpulkan dalam organisasi Magnus liber (c. 1.170; "Great Book of Organum"), mungkin dengan Léonin , atau Leoninus, komposer besar pertama yang dikenal dengan nama, yang mengatur melodi nyanyian untuk Graduals, Alleluias, dan Responsories massa untuk semua pesta besar.

Dalam Notre-Dame Organum, para penggantinya organal yang tepat dengan gaya “melodi” dimana kedua melodi bergerak berirama sesuai dengan pola tiga dari system akhir abad pertengahan mode berirama

Sarjana modern telah cenderung menerapkan mode juga untuk bagian melismatic ambigu dinotasikan. Lebih mungkin, bagaimanapun, Organum melismatic mencerminkan aliran melodic bebas musik Oriental dengan yang salibis khususnya pasti benar-benar akrab. Secara karakteristik, dua-bagian Léonin ini komposisi dengan cepat digantikan oleh berirama padat tiga-dan empat-bagian dari Organa Pérotin penggantinya, atau Perotinus.

Musik Organum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar